You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Alamendah
Desa Alamendah

Kec. Rancabali, Kab. Bandung, Provinsi Jawa Barat

Selamat Datang di Website Resmi Desa Alamendah Kecamatan Rancabali Kabupaten Bandung. Pelayanan Senin-Jum'at pukul 08.00-16.00.

Potensi Bisnis Desa Alamendah

Admin 14 Juni 2019 Dibaca 1.554 Kali
Potensi Bisnis Desa Alamendah

Desa Alamendah

          Desa Alamendah adalah salah satu desa yang berada di Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Desa Alamendah merupakan salah satu desa agronomi termaju yang terdapat di Kecamatan Rancabali yang mayoritas mata pencaharian penduduknya petani dan pedagang. Selain itu Alamendah dikenal dengan Wisata Alam, Wisata Religi, dan Agrowisatanya.
          Secara geografis, Desa Alamendah terletak pada 70 6’0” - 70 11’0” Lintang Selatan dan 1070 23’0” - 1070 27’0” Bujur Timur. Desa Alamendah terletak di dataran tinggi dengan ketinggian antara 1300 - 2350 mdpl (Bappeda Kabupaten Bandung 2008) dan terdiri dari lima dusun dan 30 RW. Desa Alamendah memiliki luas sekitar 500ha yang berbatasan dengan Desa Panundaan Kecamatan Ciwidey di sebelah Utara, Desa Sugihmurti Kecamatan Pasirjambu di sebelah Timur, Desa Patengan Kecamatan Rancabali di sebelah Selatan, dan Desa Lebak Muncang Kecamatan Ciwidey di sebelah Barat.
          Desa Alamendah beriklim tropis yang dipengaruhi oleh angin muson dengan curah hujan rata-rata berkisar antara 1500 sampai 4000 milimeter per tahun dengan suhu rata-rata berkisar antara 19 sampai dengan 24°C. Penggunaan lahan di Desa Alamendah didominasi oleh tegalan dan ladang untuk komoditas sayur dan buah di antaranya adalah daun bawang, stroberi, bawang putih, wortel, seledri, asparagus, dan lain-lain. 
 
 

Agrowisata

          Desa Alamendah memiliki kegiatan ekonomi yang paling menonjol yaitu di bidang pertanian dengan letak geografis berupa perbukitan yang berada di luar kawasan hutan. Penggunaan lahan di Desa Alamendah didominasi oleh tegalan dan ladang untuk komoditas sayur dan buah di antaranya adalah daun bawang, stroberi, bawang putih, wortel, seledri, asparagus, dan lain-lain. Dengan segala potensi yang ada di bidang pertanian, Desa Wisata Alamendah lebih mengedepankan kegiatan agrowisata. Kegiatan agrowisata yang sudah berkembang diantaranya adalah kegiatan petik stroberi, belajar pengolahan produk pertanian, wisata pertanian dan pengemasan di Pondok Pesantren Al-Ittifaq, wisata bertani, dan berkeliling menikmati suasana ladang pertanian.

​Kesenian Tradisional

          ​Desa Alamendah memiliki bermacam-macam kesenian tradisional yang menjadi daya tarik wisata, mulai dari seni tari, seni musik, maupun seni bela diri. Kesenian tradisional yang ada di Alamendah diantaranya adalah seni pencak silat, tari jaipong, reog, kesenian karinding, calung, kecapi suling, dan lain-lain. Namun sayangnya masih belum tersedia gedung pertunjukan dan sanggar untuk latihan para pelaku kesenian, untuk saat ini para pelaku kesenian masih memanfaatkan kantor RW untuk berlatih.

Punceling Pass

          ​Wisata Punceling Pass mengutamakan air panas sebagai daya tarik utama. Pihak pengelola juga menyediakan perkemahan dan trekking untuk para pengunjung yang ingin menikmati alam dengan konsep yang berbeda. Di Punceling Pass, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan kota dari puncak Bukit Keraton. Punceling Pass sudah memiliki fasilitas yang cukup beragam diantaranya camping ground dimana dapat digunakan untuk acara atau sekedar mendirikan tenda, gazebo, pondok, kolam air panas, kolam terapi ikan, MCK (10 kamar), kamar bilas (3 kamar), dan lahan parkir.

​Industri Rumahan Pengolahan Oleh-Oleh

          ​Industri rumahan di Desa Wisata Alamendah sedang dikembangkan menjadi salah satu atraksi wisata edukasi bagi pengunjung. Ada beberapa industri rumahan yang sudah siap menerima wisatawan yang ingin melihat, belajar, dan membeli produk olahannya. Beberapa diantaranya adalah UKM Kharisma dan UKM Rizqia untuk produk makanan khas Desa Wisata Alamendah, serta Nazwa Collection untuk UKM pembuatan bantal.

Careuh Coffee

          ​Careuh Coffee adalah sebuah kafe yang produk utamanya adalah kopi luwak. Careuh Coffee berlokasi di Jl. Raya Ciwidey-Patengan KM 5 No.151, Desa Alamendah, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung. Selain menikmati kopi dengan pemandangan alam yang eksotis, pengunjung juga dapat melihat dan belajar tentang proses produksi kopi luwak. Kopi luwak ini memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan, diantaranya adalah mencegah penyakit saraf, melindungi gigi, menurunkan resiko kanker payudara, melindungi kulit, dan mencegah diabetes. Careuh Coffee merupakan salah satu tempat yang memiliki potensi wisata edukasi.

​Pemerahan Susu Sapi

          Selain perkebunan, sebagian masyarakat Desa Alamendah juga melakukan kegiatan peternakan, salah satunya adalah pemerahan susu sapi dimana susu ini biasanya dijual ke koperasi. Selain dijual ke koperasi, ada juga produsen susu yang mengolah susu menjadi yoghurt. Kegiatan pemerahan susu sapi ini masuk ke dalam aktivitas wisata yang ada dalam paket wisata yang dibuat oleh Dawala. Dalam kegiatan susu sapi ini wisatawan dapat mencoba pengalaman baru berupa memeras susu sapi, memandikan sapi, dan mencoba susu segar yang baru diperas.

​Camping Ground

          ​Camping ground di Desa Wisata Alamendah terdapat di beberapa spot, diantaranya adalah di Punceling Pass, Kawah Putih, dan Kampung Cai Ranca Upas.
 
Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image