You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Alamendah
Desa Alamendah

Kec. Rancabali, Kab. Bandung, Provinsi Jawa Barat

Selamat Datang di Website Resmi Desa Alamendah Kecamatan Rancabali Kabupaten Bandung. Pelayanan Senin-Jum'at pukul 08.00-16.00.

SEJARAH DESA

28 November 2019 Dibaca 1.482 Kali

Sejarah Desa Alamendah Kecamatan Rancabali Kabupaten Bandung

         Dalam tatanan Pemerintahan, sejarah berdirinya Desa Alamendah memiliki nilai historis yang cukup panjang, dulu pada tahun 1977 Desa Alamendah masih berada di wilayah Desa Ciwidey dengan Kecamatannya Ciwidey. Desa Alamendah sendiri memiliki arti yang dalam bahasa Indonesia berarti       Alam yang indah, dimana dulu suasana alam di Desa Alamendah begitu indah, dan pada tahun 1978 terbentuklah Desa Alamendah hasil pemekaran wilayah dari Desa Ciwidey dengan Kepala Desa hasil pemilihan pertama kali pada waktu itu adalah Bapak Ohan Burhanuddin untuk Periode Tahun  1978-1988.

 

Semenjak terbentuknya Desa Alamendah maka kepemimpinan Kepala Desa Alamendah sampai dengan saat ini telah terjadi sebanyak 5 kali pergantian dengan rincian sebagai berikut  :

 

No.

Nama

Periode

Nama Sekretaris Desa

Keterangan

1.

 ZEIN SUNARYA

1988 s/d 1998

 TAMIM SUTYANA

 Masa Jabatan 10 tahun

2.

 H.AHMAD SYAMSUDIN

1998 s/d 2002

 TAMIN SUTYANA

 Thn. 2002 Kepala Desa  meninggal dunia

3.

 H.AEP ROCHMAT

2002 s/d 2007

 RASMAN PRIYATNA

 Masa jabatan 5 Tahun

4.

 ENDANG DARMANA

2007 s/d 2012

 RASMAN PRIYATNA

 Masa jabatan 6 Tahun

5.

 H. AWAN RUKMAWAN

2012 s/d 2018

-  RASMAN PRIYATNA

-  NICKO ARMANDO

 Masa jabatan 6 Tahun

6.

 H. AWAN RUKMAWAN

2019 s/d 2025

 - IJANG IWAN, S.Pd.I

 Masa jabatan 6 Tahun 

Mayoritas mata pencaharian penduduknya adalah sebagai Petani dan Buruh Tani, produk hasil pertanian saat ini yang menjadi unggulan adalah Budidaya tanaman Strawberry dan Sayur mayur serta potensi Pariwisata, selain bermata pencaharian sebagaimana diatas terdapat juga masyarakat yang bergerak dalam bidang     Home Industri ( UKM ) Olahan hasil budidaya Strawberry dan Kerajinan, Perdagangan, Jasa Perbengkelan, Peternakan Sapi Perah, Jasa Angkutan, Buruh Pabrik, PNS, TNI/POLRI dan Wiraswasta lainnya.

 

Maka dengan melihat kondisi demikian, Desa Alamendah memiliki potensi yang cukup baik Sumberdaya alam ( SDA ) maupun Sumberdaya manusia ( SDM ) untuk dijadikan sebagai modal dasar dalam rangka penyelenggaraan Pemerintahan, Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat, selain itu pada era kepemimpinan Kepala Desa saat ini, terdapat perubahan yang sangat signifikan baik tatanan pemerintahan serta unsur / elemen pendukung terhadap penyelenggaraan pemerintahan seiring dengan perubahan wilayah dan peraturan perundang-undangan serta realisasi dari Visi dan Misi Kepala Desa, yaitu dengan terbentuknya beberapa Lembaga Kemasyarakatan diantaranya sebagai berikut  : 

 

  1. Badan Permusyawaratan Desa ( BPD )
  2. Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa ( LPMD )
  3. Rukun Warga ( RW ) sebanyak 30 RW.
  4. Rukun Tetangga ( RT ) sebanyak 112 RT.
  5. Lembaga Pemberdayaan Pemuda ( LPP )
  6. BUMDes
  7. PUSKESOS
  8. Desa Wisata
  9. Karang Taruna
  10. PKK
  11. Ikatan Remaja Masjid ( IRMAS )
  12. Dewan Keluarga Masjid ( DKM )
Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image